Senin, 25 Juli 2022

Pergi Haji dan Gladiresik 'ditinggalkan'

Alhamdulillah bokap gue hari ini balik lagi ke Indo setelah ngabisin 40 hari di saudi. Bokap kebetulan beruntung banget bisa dapet jatah Haji ditengah batesan-batesan jumlah jamaah. Nyokap gue sebaliknya, dia gak dapet kesempatan yang sama kaya bokap padahal dari mula ngurus keperluan daftar dan syarat hajinya barengan. Tapi yaudahlah, balik lagi ke takdir semua udah ada yang atur. Allah lebih tau mana yang terbaik ye kan.

Nyokap udah pernah haji sekitar tahun 2007 kalo gak salah, sementara bokap belum sama sekali. Dari dua momen orang tua berangkat haji ini gue menyadari satu hal sih. "Jadi gini ya gladiresik ditinggal orang tua". Dulu pas nyokap pergi haji itu gue masih SMP an lah kira-kira. dulu gue gak ngira pergi 40 hari itu bakal kerasa lama banget. Sampe setelah jalan 2 minggu gue ngerasa kangen banget sampe yang dari bangun sampe mau main pun gue nangis kangen. Yang gue gak sangka dengan pengalaman haji nyokap dulu, ternyata rasa sedih dan kangen itu juga masih kerasa banget di berangkatnya haji bokap kemarin. Emang sih gak sampe nangis-nangisan beberapa hari. Tapi banyak aja momen yang gue rasa kayanya ramainya rumah ini ilang banget kalo bokap lagi gak dirumah. 

'Lucunya' rasa kaya gini gak akan kebayang sebelumnya kalau kita belum kepisah jarak diwaktu yang lama gitu. Jadi dihari biasa ya.. lempeng-lempeng aja. Sekarang gue baru sadar dulu ketika nganter nyokap berangkat haji, saat itu bokap belum ubanan. Sekarang gue baru sadar kalo dulu bokap belum sebotak ini (kalo gue bilang rambut bokap gue kaya anak punk bakal pada percaya gak ya? enggak lah ya ini juga gue boong sih). Sekarang gue baru sadar kalo bokap udah pensiun, gak kaya dulu pas nyokap haji. Banyak banget yang sekarang-sekarang ini makin clear. Hal yang paling gue gak suka adalah: Bokap nyokap semakin menua.

Lalu, setelah momen-momen orang tua pergi haji ini bisa gue lewatin, gue jadi makin berpikir lagi, "Kalau ditinggal 40 hari gue ngerasa segitu hampanya, gimana kalo lebih ya?"









0 komentar:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)