Senin, 02 September 2019

Apakah desain penting untuk bisnis anda? coba pikirin lagi.

Kenapa anda harus mulai memperhatikan kebutuhan desain perusahaan anda? Apakah desain penting untuk bisnis anda? Apakah menurut anda desain tidak terlalu penting? Coba pikirin lagi setelah membaca ini.

Sebenarnya apa sih fungsi desain untuk bisnis anda? 


Meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Dengan adanya desain yang baik untuk usaha anda tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pernah dengar istilah don’t judge a book by it’s cover? Dalam dunia bisnis, istilah ini justru sering berlaku loh, bisa di andaikan bahwa desain-desain yang anda sajikan merupakan cover dari perusahaan anda. Hal ini wajar. Rasa-rasanya normal bagi seseorang untuk memperhatikan dan menilai citra sebuah toko atau usaha di awal sebelum mereka membayar jasa atau produk dari toko itu. Kitapun tidak akan mau sembrono mengeluarkan biaya, bukan?


Meningkatkan Daya Tarik

Desain adalah tentang bagaimana kita memikat sekitar. Ibarat menggunakan parfum hanya saja gunanya untuk memikat indera pengelihatan. ‘Parfum’ yang digunakan pun harus pas dan jangan sampai mengganggu sekitar. Pernahkah anda datang ke supermarket atau minimarket lalu tanpa sengaja anda melihat sebuah produk yang belum anda kenal namun anda tertarik untuk mencobanya? Umumnya rata-rata banyak orang mengalami ini, dan semua ini adalah pengaruh desain yang memberikan daya Tarik tersebut.



Media informasi

Desain-desain perusahaan anda ibarat megaphone bersuara besar yang mengumumkan berbagai informasi tentang perusahaan anda, seperti: Informasi berita, promo, launching produk lain, dan sebagainya. Apa jadinya kalau Megaphone yang kita gunakan suaranya samar dan ‘kresek-kresek’? Apakah informasi akan tersampaikan dengan jelas? Apakah itu tidak mengganggu orang-orang yang mendengarnya? Begitu juga desain. Sebagai media informasi, desain juga harus disajikan dengan jelas dan menarik sehingga pemirsanya merasa nyaman untuk menyimak informasi di dalamnya.

Mempermainkan mood dan psikologi
Ada yang bilang, desain adalah sihir digital. Rasanya tidak salah karena desain sendiri penuh dengan permainan. Bayangkan ada sebuah biscuit rasa stroberi namun desain pada bungkus biscuit itu seluruhnya berwarna cokelat, atau ada sebuah minuman rasa melon namun desain kotaknya berwarna ungu. Sah saja, namun rasanya ada yang tidak pas. Pikiran kita mungkin akan janggal,”kok, stroberi bungkusnya cokelat ya, jangan-jangan stroberi campur cokelat? Kok, bungkus kotak minuman melon warnanya ungu ya? Ini melon rasa terung, kah?”. Di sisi lain psikologi kita akan dipermainkan oleh desain-desain yang memuat contoh ini: kita seolah akan merasakan dingin dengan melihat paduan desain warna biru dengan beberapa tumpukan es, merasakan rasa pedas dengan warna merah yang dicampur ornamen api pada sebuah snack, dan juga rasa keju pada bungkus sebuah wafer berwarna kuning-keoranyean. Desain juga dapat membawa anda merasakan mood seperti: Desain ini nuansanya desa banget, desain ini nuansanya eropa banget, wah kalo yang ini nuansanya meriah banget. Begitulah cara desain mempengaruhi pikiran.


Memberikan Identitas


Hal paling dasar dari fungsi sebuah desain adalah sebagai identitas, dimanapun itu diterapkan. Warung pecel ayam contohnya. Kita selalu tau bahwa “wah itu ada warung pecel ya disana” setelah melihat spanduk khasnya. Identitas itu pastinya dibangun lama sekali. Dari segala macam definisi identitas itu, desain akan mengerucutkan definisi identitas sebagai pembeda. Ya, desain adalah pembeda usaha anda dari yang lainnya. Ketika identitas anda dikenal banyak orang, tentu akan memudahkan orang untuk merekomendasikan dan menemukan anda. Usaha anda akan lebih mudah diingat karena memiliki ciri visual. Sebagai catatan, tentu identias adalah sebuah kesan yang dibangun. Maka terapkanlah desain yang benar-benar sesuai dengan identitas usaha yang ingin anda bangun. Coba bayangkan contoh ini, anda ingin dikenal sebagai dokter, tapi tampilan anda sehari-hari tidak mewakili, misalkan: jas anda berwarna hitam, stetoskop anda pun tidak ada. Apakah secara sekilas orang lain akan mengira anda seorang dokter? Apakah mereka akan yakin dengan keahlian anda? Mari kita kembali kepada hal menarik pada poin nomor dua diatas, dalam dunia bisnis dan desain: People always Judge a book by it’s cover.



Note: tiba-tiba pengen banget ngetik ini haha tumben ya bener. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)