RANDOM POST

Rabu, 16 Oktober 2013

Metode belajar ala gue



Ga ada angin ga ada petir, dosen masuk kelas, emang ude jadwalnya sih. doi senyum, ngasih materi, begitu asiknya belajar. sampe akhirnya sisi kejam itu muncul, "oke mingu depan kerjakan presentasi A, poster B, tugas kelompok C, blablablablablablablabla..........................................................................................................................................................". sampe akhirnya dosen lo kaget liat lo udah tengkurep dengan busa busa putih campur kuning keluar dari mulut dan bokong(?).



stress banget kalo kita terpaksa harus denger banyaknya tugas tugas yang mesti kita kerjain cepet. kadang udah seharian belajar, ujung ujungnyaa... ketiduran diatas buku, atau diatas laptop dan lo ngeces, laptop lu konslet, satu kelurahan mati lampu dan hidup lo berakhir dibalik jeruji besi < oke ini lebay -__-. kadang juga udah seharian belajar, ujung ujungnya... main game. kadang udah diserius seriusin belajar, ujung ujungnya....  buka facebook. atau atau udah serius seriusnya bikin slide di powerpoint, ujung ujungnya... webcaman, nyari foto bagus buat ganti PP facebook. dan banyak lagi ujungnya. mungkin dengan posting singkat ini lo bisa tau metode mana yang cocok sama lo, mudah-mudahan. oke ini metode belajar ala gue dan beberapa orang disekitar gue. oke ini aga serius ga haha hihi dulu :D cekdizawt



1. Coba kerjain sedikit sedikit, jangan nunda selagi bisa dikerjain cepet
    Hal yang harus lo kalahin adalah rasa malas dan kalahin godaan ngelakuin hal yang kurang penting. mulai yakinin tubuh lo buat duduk dengan posisi senyaman mungkin(bukan tiduran juga --), ambil kertas dan pulpen atau pensil, atau laptop. dan mulai berpikir tentang tugasnya. media komunikasi sekarang ini gampang, sebelum mulai ngerjain lo bisa tanya tanya temen atau dosen lu kalau bingung dengan tugasnya. dan yang terpenting adalah harus berani mencoba. salah itu wajar, orang yang ga pernah salah itulah yang ga wajar.
    kenapa jangan ditunda tunda? sekarang gini, lo pikirin deh betapa ga enaknya lo harus ngerjain tugas sehari sebelum deadline, lo tergesa-gesa, ga punya waktu yang banyak buat eksplor, dan bisa jadi malah ga maksimal. bayangin kalau jumlah pelajaran dalam seminggu itu ada delapan. dan semuanya ada tugas untuk minggu depan, kepala lo teriak "mampus deh gue". itu udah parah, bakalan lebih parah kalau lo tunda tunda. 

2. Halooo...... Sabtu......
    wajar banget kalau rasa malas itu tumbuh dimulai dari rasa cape. cape fisik misalnya buat yang harus ikut kegiatan ini dan itu, buat yang rumahnya jauh dan dia ga ngekos, atau buat yang ke kampus sambil koprol. belom lagi kalau juga cape pikiran. bersyukurlah buat yang tiap minggu dapet jatah libur dua hari, sabtu dan minggu. oke lo boleh tunda ngerjain tugas kalau lo cape. tapi sembari lo tunda pun lo harus sambil cari tau maksud dari tugas itu apadan gimana, atau buat yang kuliah dibidang 'itung-itungan' lo bisa minta ajarin dulu sama temen lo dikelas atau ditempat lain. hari pembalasan datang dihari sabtu. jumat malam tidur yang cukup supaya hari sabtu kondisi tubuh lebih optimal. kenapa harus hari sabtu? karena kalau lo cape, lo masih punya hari minggu buat leha-leha, lo juga bisa tenang liburan di hari minggunya. tapi kan hari sabtu itu hari liburan, ko ngerjain tugas? ya itu pilihan.

3. Kalong
    metode ngalong juga boleh kalau emang lu cocok begitu. ngalong itu begadang. kenapa namanya ngalong? ngalong itu dari kata kalong yang juga hewan nocturnal(hewan yang nyari rezeki dimalam hari). ya monggo kalau memang cocok begitu. tapi lebih baik kalau tenaga malam itu keisi karena tidur siang, usahakan banget buat ngehindarin konsumsi kopi terlalu sering dan terlalu banyak. ini nyerempet ke masalah kesehatan nantinya. kalau lo bisa akses blog ini dan baca tulisan gue sekarang berarti lo punya akses internet. kalau punya akses internet berarti lo bisa searching di google tentang bahaya terlalu banyak minum kopi. 

4. Bangun Pagi
    ini  terkait banget sama poin nomer dua. misalkan lo adalah orang yang ga bisa tenang kalau tugas belum selesai, disisi lain kondisi badan lo lagi cape dan 'panas', gabisa di 'senggol' dikit. tidur aja sob, lo tidur lebih awal sekitar jam 7 atau jam 8. pasang alarm atau minta bangunin orang orang disekitar lo jam setengah 2 atau jam 2an. biasanya otak butuh waktu loading sekitar 10 menit. gue sendiri make banget metode ini, gue ngerasa otak lebih nangkep materi yang haru gue hapalin, lebih gampang paham. otak berasa lebih enteng, dan badan juga lebih seger. hal yang harus lo kalahin adalah godaan untuk tidur lagi. gue pun kadang begitu, tapi diniatin lagi dalem hati kalau lo mau bangun karena lo butuh untuk belajar.

5. Main game, nge-musik, jailin piaraan, main sama adek, nonton drama, karaoke, dll
    ada orang yang ketika dia lagi banyak tugas malah main game, dan temennya yang liat pasti komentar "lo bukannya ngerjain tugas malah main game". satu lagi nih yang harus kita pahamin, kita bukan robot, kita manusia, mendapat kesenangan itu mah udah impian semua orang. jadi selingin kepadatan lo dengan hiburan, tapi jangan kelamaan biar ga candu. semisal ditengah mumetnya ngerjain tugas lo bisa main game di laptop atau di hape, lo bisa mainin gitar atau pukul pukul perut sendiri ngikutin irama drum(?). atau yang punya piaraan bisa juga di ajak main, gue pernah baca di beberapa sumber kalau main sama piaraan termasuk salah satu cara ampuh meredam stress. tapi diliat juga apa piaraan lo, macan? jauhin, buaya? jauhin, hamster kelinci kucing anjing kura-kura? peluk :D  
   bisa juga dengan lo nonton film, atau karaokean. yang mau karaokean tanpa harus pergi dan bayar, lo bisa download aplikasi 'Mini Lyric' di internet, berupa plug-in untuk software Windows Media Player. linknya bisa lo cari sendiri di internet. INGET!! jangan kelamaan biar ga candu. paksa diri lo untuk STOP kalau udah mulai ngerasa jadi keterusan. setelah lo fresh lagi, ayo ambil perlatan tugas dan gawe lagi.


pasti masih ada banyak metode hebat dari sobat semua, kalau ada yang berkenan untuk berbagi tinggal komen sob, pasti sangat membantu banget. peran orang-orang terdekat berpengaruh banget buat ngasih lo semangat, hal itu pun yang gue rasakan. tapi semua itu balik lagi ke seberapa niat kita untuk maju, seberapa niat kita untuk tumbuh, seberapa niat kita untuk menjadi sesuatu yang besar. kita punya Allah yang selalu membantu kita, maka mintalah supaya apa yang kita ingin capai dimudahkan segala caranya, dimudahkna segala usahanya.


Sekian, salam Blogger


Share this:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)

 
Designed By OddThemes & Distributd By Blogger Templates