Minggu, 08 Maret 2015

10 Tips ketika Stres



Jadi... sekarang ini gue lagi ngerjain Tugas Akhir *jeng jeeengg!!!* *suasana chaos*. oke gue ulangi. Jadi.. sekarang gue lagi ngerjain Tugas akhir. Ngomong-ngomong minta doanya dulu yak broh-broh sis-sis(formalitas aja padahal juga jarang yang baca ini blog). buat kalian yang lagi mengalami kondisi yang sama dengan gue, gue pun mendoakan dan itu.. tergantung seberapa sering kalian mengirimi gue pizza delivery *ampun

So, kira-kira apa yang menarik untuk dibahas kali ini? apa yang menarik dibahas ketika gue pusing ngerjain Tugas Akhir? ada beberapa hal menarik yang tadinya mau coba gue pahat di postingan ini. Tapi mungkin buat lain kali aja(siapa peduli). Hal yang cocok untuk diposting kali ini hmmmm..... sepertinya membuat semacam tips mungkin ya. 'Tips menghilangkan stres' ala gue *jeng jeeng!!!* *suasana makin chaos*. Menurut Wikipedia, Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Simpelnya, stres itu ga enak. Seseorang bisa merasa stres ketika dia ada dalam tekanan. Buat gue tekanan bisa jadi ketika gue mengejar deadline desain, tekanan untuk tidak bangun siang, atau yang lebih update yaitu tekanan untuk membersihkan pup kucing gue. Di kehidupan yang lebih umum, di Indonesia khususnya, sepertinya sebab stres lebih luas, seperti tekanan menjawab pertanyaan “kapan lulus?”, “kapan nikah?”, “kapan punya anak?”, dan “kapan punya anak yang udah lulus, udah nikah, dan udah punya anak?” (lah?). Stres bisa datang ketika kita menunggu panggilan guru atau dosen untuk maju kedepan kelas, stres bisa datang ketika kita akan menghadapi hari besar seperti menjadi petugas upacara, stres bisa datang ketika kita merasa kehilangan salah satu orang yang berarti dalam hidup kita. Itu wajar. Seseorang yang tidak pernah merasa stres mungkin itulah yang ga wajar. Dalam hal belajar, stres itu rutin. Tadi gue dapet gambar yang gue rasa cukup mewakili gue dan mungkin beberapa dari kalian juga:

 
Sumber: https://www.facebook.com/DoraemonHariIni?fref=photo

“kalian harus Tricky”, kata dosen pembimbing akademik gue ditengah mata kuliah. Saat itu Ibu dosen sedang memberi motivasi tentang manajemen waktu. “Tricky?”, gue mengulang dalam hati sambil berpikir: harus Tricky gimana?


Setelah memperhatikan beberapa hal di sekitar, dan juga dari pengalaman gue yang kurang pengalaman ini, beberapa hal itu sebenarnya ada dekat banget disekitar kita. Dipostingan ini, mungkin gue hanya sekedar menyebutkan aja, mungkin atau pasti beberapa hal itu sering kalian lakukan. Cek diz awt >>

-----------------------------------------


Main Game
Dengan kemudahan yang ditawarkan teknologi dimasa kini, tentu mengakses game bukan sesuatu yang sulit. Gadget misalnya. Di gadget lo bisa main game. Di jaman gue kecil, main game berarti main playstation. Game gampang banget buat kita temuin. Malahan, dulu gue punya televisi yang ada gamenya. Terus kalo ga punya gadget?  Aduh plis deh lo bisa ko hidup tanpa gadget walaupun sebentar. Lo bisa main monopoli, atau main Uno, atau main kartu remi yang dewasa dikit. Atau kalo ga punya mainan semacam itu, pergi keluar rumah dan samperin tetangga-tetangga lo. Ajak mereka main. Atau kalo tetangga seumuran lo lagi sibuk, ajak ade-adenya main. Main gundu atau main bola. Buat kalian yang cewe, ajak main yang lebih feminim tapi universal seperti gulat main tebak-tebakan, main congklak, atau main karet. Tips dari gue, cari game yang sesuai dengan genre kesukaan kalian. Kalo bisa sih, jangan main game yang ngebuat kalian mikir terlalu keras. Oh ya satu hal, jangan pernah mainin perasaan orang, catet! (nyambung ga sih?). BTW, gue mau rekomendasiin game kartu karya lokal, kebetulan gue beli itu di hellofest dua tahun lalu. nama gamenya Mat Goceng. gue jamin seru (Y)



Jalan-jalan
Buat yang suka ngayap, ini pasti cara paling ampuh buat ngilangin stres. Terkadang stres itu datang ketika kita sebenarnya membutuhkan suasana yang baru. Ga liat itu lagi-itu lagi.



Dengerin Musik
“duh lagu ini gue banget”. Pernahkah kalian begitu? Triknya adalah, dengarkan lagu-lagu yang kalian banget. Ada beberapa teman yang bilang kalo lo mau semangat jangan denger musik yang letoy-letoy. Buat gue ga ngaruh karena gue suka yang metal(melow total) dan setelah dengernya gue tetep bisa semangat. Jadi mulai play lagu kesukaan kalian.



Nonton
Kalian bisa ilangin stres dengan nonton tv mungkin. Atau nonton di film di bioskop berdasarkan referensi yang bagus dari orang-orang sekitar, karena kalau ga berdasarkan referensi terus ternyata filmnya jelek, bukannya ngilangin stres malah bikin nambah ga mood. Nonton DVD juga oke. Kalau lagi ada kerjaan yang panjang, saran gue sih.. jangan nonton drama karena bikin ganggu pikiran banget. Ehm, sebenernya pengalaman. Gue cukup ga neko-neko soal film, mau dari mana asal negaranya yang penting kata orang bagus yaa oke aja. Pernah ketika gue mau UAS beberapa bulan lalu pikiran gue ke ganggu hanya karena: GUE PENASARAN DENGAN KISAH ROMANTIS LEE GAK dan PARK HA dalam drama komedi romantis korea ‘Rooftop Prince’. Penting abis. (btw itu drama rekomendasi banget deh << nyari temen senasib). Kalo ga mau yang mainstream, coba nonton sesuatu yang lain seperti… nontonin dia dari jauh hihi. Satu hal yang sebaiknya kalian hindari: nontonin dia dengan orang lain dari jauh(eh sorry ini ga nyambung ya?)



Main sama peliharaan
Ini asli deh ampuh banget. Peliharaan kesayangan bener-bener punya magis. Ngisengin doi pas lagi bobo memang sesuatu banget. Kecuali, kalo piaraan kalian ular, macan, elang, dan sebagainya. Hindari iseng kalo ga mau di ‘iseng’-in balik.



Istirahat
Cara paling murah untuk menghilangkan stres adalah istirahat. Stres membuat otak kita bekerja ekstra, kemudian otak akan cepat dan mudah lelah. Kalau otak udah lelah kondisi ini biasanya berlanjut ke tubuh. Tubuh jadi norak. Norak dalam arti jadi ikut-ikutan cape padahal ga ngapa-ngapain. Solusinya mudah, tidur.



Tertawa sekencang-kencangnya
Buat gue, tertawa adalah anugrah. Semacam sistem pertahanan diri untuk mencegah otak berlarut-larut stres. Dalam beberapa kasus, stres yang tidak bisa diatasi oleh dirinya sendiri dapat membuat ia tertawa terus menerus. Sikap yang sering orang-orang sebut sebagai gila. Tertawa itu perlu loh, acara komedi, buku-buku komedi, atau beberapa hal lainnya mudah ngebuat kita ketawa. Apalagi sekarang jamannya ‘meme’ yang ngebuat orang-orang semakin kreatif buat berbagi tawa. Gue sendiri lumayan sering nengok ke Meechan(Klik), situs mirip mirip 9gag tapi yang lebih Indonesiawi karena english gue ga well < maksa.



Ketemu si ‘dia’
Ketemu si dia, membahas bermacam-macam hal, mendapatkan perhatian, dan hal-hal lainnya juga mampu ngebuat kita segar lagi. Tapi makna si dia itu bukan berarti pacar aja, dia yang berarti teman juga penting. Karena ga selamanya hidup lo seringnya Cuma ketemu orang rumah dan pacar aja. Berbagi, kumpul, dan menertawakan sesuatu secara bersama tentu bisa melepas stres.



Ngisengin anak bayi
Sejak gue punya ponakan maka hal inilah yang bakal gue rekomendasiin banget. Karena tingkah lucu bayi itu apa adanya.




Olahraga
Naro poin ini seolah-olah gue melakukan hal ini. hal yang udah lama tidak terdengar, Olahraga. Padahal, ini poin paling jarang yang gue lakukan. (btw, mandi itu olahraga bukan sih?). Buat orang-orang yang sporty, seperti beberapa teman gue, olahraga setidaknya bukan sekedar melepas stres, tapi juga menjaga tubuh tetap fit.



Sekiranya itu saja maaf kalo postingan ini kurang berkenan. Pesen gue, inget waktu. Karena akan percuma kalau kita melakukan itu semua tapi ga inget waktu.

Kadang waktu adalah sahabat. kadang juga, bagi manusia yang tidak bersahabat dengannya, waktu adalah musuh hidup manusia.


Akhir kata
Salam Blogger,

0 komentar:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)