Selasa, 13 Maret 2018

Penjajahan Jerry dan Kawan-kawan

Waktu gue lagi sering-seringnya nonton Tom & Jerry, terbesit pertanyaan, "Ko kayanya si Tom caper banget sama Jerry, ya?". Buat yang gak tau apa itu Tom & Jerry, jadi ini animasi kartun yang fenomenal banget di jaman gue kecil. Isinya tentang karakter kucing (Tom) dan Tikus (Jerry) yang kerjaannya saling saingan dan berantem ditiap episodenya. Sering kali konflik dimulai dari si Tom yang bawaannya rese terus ke Jerry, jadilah mereka saling bales. Rasa benci ke Tom selaras dengan tumbuhnya rasa kasian ke Jerry. Ada rasa mau ngelindungin Jerry gimanapun caranya.

Bertahun-tahun lamanya gue ngebela Jerry, sekarang ini gue jadi sadar kalau Tom lebih gue butuhkan di umur gue yang sekarang ketimbang Jerry. Sekarang gue cenderung ngemusuhin Jerry sih jadinya.

Masalah pertama dateng disuatu malam pas gue lagi ngerjain deadline yang saat itu sampe jam 3 pagi. Di tengah keheningan dini hari, garasi rumah tiba-tiba jadi ramai, suara rak sepatu bergeser, sendal-sendal yang bergeser terdengar bergesekan dengan lantai, pagar gue berbunyi seperti digoyang-goyangkan. Waktu itu yang ada dipikiran: maling. Gue coba intip diem-diem. Selagi gue pelan-pelan buka gordyn, gue mulai ciut ketika pala gue mengirim pesan: gimana kalo setan?. karena bunyinya menjadi-jadi, akhirnya gue ambil resiko ini. Selama 10 tahun terakhir, baru kali ini gue ga pengecut #sebuahpengakuan #pengecutsquad. ketika gue intip, ga ada apa-apa. "wah, bener setan ini sih", pikir gue sok kilat. Ditengah ketakutan gue mencoba lebih realistis. "ah, mungkin angin", tapi kalo dipikir lagi, emang bisa ya angin geserin sendal-sendal digarasi?. Ketakutan merayap ke pala gue yang isinya lagi kopong, gue memaksakan cari alasan yang lebih logis, "ah, bini gue ngigo paling", nyatanya, dia jelas-jelas ada di sebelah meja kerja gue. Fix, kalo setan ya berarti setan.

Keesokan, dan keesokan, bahkan seminggu-an setelah terkaan gue itu, kejadian itu terus berlanjut. Kali ini lebih parah, ada bau-bau yang ga enak keluar sejak saat itu, baik malem maupun siang hari. Jiwa pribumi gue tiba-tiba muncul ketika disuatu malem gue lagi ada deadline parah dan gue ngerasa terganggu sama suara-suara itu. gue akhirnya memberanikan buka pintu ke arah garasi secara cepat, niat gue saat itu, kalaupun ada yang berdiri depan pintu, tinggal gue tutup buru-buru aja, abis itu gue kekamar, nangis diketek bini, lalu ketiduran, gampang kan. Ketika gue buka itu secara cepat, terekam dalam adegan slow motion, sekumpulan tikus (yang gue terka ada sekitar 6 ekor) berlarian ke arah luar. Ada yang manjatin fiber pagar, dan dari situ gue tau kalo suara pager bergoyang itu bukanlah bini gue yang ngigo setan. Kesimpulan gue saat itu: Garasi gue telah hina. Mungkin udah dijadiin tempat maksiat tikus-tikus hidung belang. mungkin aja. Yang jelas, Sejak malam itu, gue mulai merasa dijajah Jerry dkk.

Pas weekend, gue dan istri sepakat beresin garasi, karena kita tau bau-bau ga enak ini asalnya dari twoqay-twoqay tikus. tingkat bau ini udah bener-bener bikin jengkel dan akan ga enak aja kalo ada tamu. Kalo diinget-inget, mereka juga suka berakin sendal-sendal yang ada dilantai garasi. Korbannya yaitu mas umam(temen kantor) dan sendal gue sendiri. Untuk bisa bersihin secara leluasa, gue perlu mundurin mobil, dan bener aja, dibawah mobil isinya twoqay yang ramenya kaya meises diatas donat. Tapi tapi tapi tapi tapi, bukan cuma itu, ketika gue cek daerah mesin mobil, bener aja, ada beberapa bagian yang di gigitin, walaupun ga gigitin daerah vital(kata abang gue), bagi gue ini keterlaluan banget. Kebencian gue meluap, ketingkat dimana gue pengen gigit balik mereka.

Sebelum nikah, ketika gue tinggal sendirian dirumah, saat itu gue ditemenin Shello (kucing gue), kadang dia maunya tidur di garasi, kadang maunya didalem rumah, kadang dia maunya gue tidur digarasi dan dia dikamar(?). Seinget gue, selama si shello ada dirumah, gue belum pernah kayanya keganggu karena tikus. malah, sering ketika gue bangun, ada tikus mati yang dia kumpulin di deket tempat beraqnya. Sekarang Shello ada di jogja, dirumah nyokap, dia abis dihamili dan melahirkan dua anak yang mirip kucing(menurut lo?).

Kejengkelan gue sama tikus-tikus ini makin muncak ketika mereka udah berani invasi daerah dalem rumah gue. Selang gas gue bocor, gara-gara hal ini perlu seminggu bagi gue nemuin sumber masalah dari dapur gue yang bau gas, dapur gue libur selama seminggu, gue udah gonta-ganti regulator, ternyata selangnya. Masalah berikutnya ketika selang wastafel gue bocor digigitin, setelah udah ditambel 3 kali, mereka tetep gigitin, akhirnya nyuci dihijrahin ketempat yang seharusnya bukan untuk nyuci piring(sampe ketika gue ngetik ini pun masih gini).

"Taroin kamper wal", kata abang gue, setelah gue cerita keluhan gue ke dia. "oke a", jawab gue, yang gue lanjutkan dengan nebar kamper setelahnya di daerah-daerah yang gue duga jadi jalur mereka. gue tebar lebih dari 5 di satu spot, dengan harapan gue ga perlu ngebunuh mereka, tapi cukup ngusir mereka. Dan tau ga apa yang terjadi? kamper itu abis dimakanin. Saiko asli. Tikus-tikus ini pasti ga diajarin mana makanan bergizi dan mana yang bikin mabok sama orang tuanya. Apakah cuma itu ulahnya? oh tentu tidak. Toples diruang tamu gue kebuka dan beberapa makanan-makanan berserakan disekitarnya. Pengen rasanya gue katain "anjing!", tapi mereka tikus. TRUS AING TEH KUDU KUMAHA?!

Karena bingung, gue coba lempar masalah ini ke sosial media gue, dan ini yang mereka sarankan:



Saran pake lem tikus kayanya yang paling realistis saat ini. gue sebenernya setuju pake kucing. sayangnya bini gue anti-kucing-club. Akhirnya setelah gue beli satu buah lem tikus (buat coba-coba dulu) gue baluri diatas sisa keramik lantai. Keramik ini berat. Jadi setelah nempel, mereka ga akan bisa kabur. gue ketawa jahat dalem hati, kaya artis artis antagonis di sinetron. Untuk melengkapi jebakan ini, gue mengorbankan secuil roti diatasnya. Dan gue tidur dengan manja.

Gue kebangun esoknya, bangun kali ini terasa sangat bahagia. karena gue menantikan penjahat terbesar dirumah gue ini kejebak di lautan luka dalam lem itu. gue lalu berjalan kearah dapur, tempat gue naro jebakan itu. dan.. Alhamdulillah.. Rotinya ilang, tikusnya ga ada yang kejebak. gue terpaku beberapa saat, sambil berbisik ngilu, "ko bisa?"

Ya, satu lagi kenyataan hidup yang sulit gue terima. Yaitu ketika kadang dalam hidup, ingin rasanya manggil mereka babi, tapi mereka tikus..

TRUS AING KUDU KUMAHA!!!



0 komentar:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)