Minggu, 06 Agustus 2017

5 Alasan Kenapa Harus Ngekos

Seminggu setelah gue lulus kuliah, gue rindu suasana di kosan. Ya, biar gini-gini gue juga punya prestasi: Gue seorang Survival yang bisa selamat dari 'serangan' pop mie dan mie gelas dikala lagi hemat uang. Rumah gue cuma di Bekasi sih, terus kenapa gue ngekos?

Alasan utama itu karena gue lumayan rada gak tahan banting, kaya yang gampang sakit aja gitu. Alasan lainnya justru yang bikin “oke kayanya harus ngekos” adalah karena gue pelupa. Sepelupa apa gue? Gue bahkan sering abis BAB lalu beberapa langkah keluar dari WC tiba-tiba "eh tadi udah disiram apa belom ya?". Sejak SD, SMP dan SMA, lokasi sekolah gue selalu deket rumah. Sampai temen gue banyak yang bilang, “Awal mah kalo ke Sekolah kepleset juga nyampe”. Dalem hati gue: “Pale lu!”. Kenyataan sekolah gue selalu deket sebenernya bikin hidup gue kekurung didaerah yang situ-situ aja. Tapi dari sisi lain, ini menguntungkan gue karena tiap kali gue lupa bawa tugas, gue bisa pulang dulu kerumah untuk ngambil tugasnya. Nah di case yang sama kaya waktu gue sekolah, kalo gue gak ngekos dan tugas gue ketinggalan di Bekasi, kira-kira gimana solusinya? Minta tolong nyokap nganterin tugas gue ke kampus naik buraq? kan gak bisa dong ya.

Kira-kira itu sih alasannya ngekos. Buat kalian yang baru mau ngekos dan sebelumnya gak pernah ngekos. Pasti seenggaknya satu dari beberapa pertanyaan ini lagi muter-muter dikepala kalian (apalagi kalo rencananya kalian mau tinggal di daerah yang gak kalian kenal sama sekali:

1.       “Gue takut”
2.       “Gue gak ada temen ngekos bareng”
3.       “Gue takut kesiangan, dirumah aja masih dibangunin”
4.       “Kamar kos gue nanti angker ga ya”
5.       “Gue pasti kangen rumah terus, ga akan kuat gue di kosan”


Disamping ha-hal yang bikin gelisah, ternyata ada juga mereka-mereka yang justru gak sabar mau cepet-cepet ngekos. Alasan umumnya: Biar bebas. 

Gue pribadi lebih khawatir soal skenario kalau ada kecoa masuk ke kamar. Gue sebagai praktisi ngekos selama kuliah mau kasih pencerahan buat siapapun pembaca kurang beruntung yang mampir ke blog ini. Alasan kenapa anda-anda ini harus ngekos:

1. Solusi buat si Pelupa
Seperti yang gue bahas di Intro, Kita (para orang pelupa) bakal kerepotan sendiri karena sifat kita ini. Selain Hemat Tenaga, dengan kos lo juga bisa hemat waktu untuk balik ambil barang-barang yang kelupaan di Kosan. It's OK misal lo tetep yakin gak perlu ngekos karena beranggapan “naik umum juga cepet ko, bulak-balik gampang”. Tapi pikirin juga kemungkinan kalo barang lo bisa aja ketinggalan di kendaraan, terus mau gimana?.

2.  Jadi belajar ngatur diri
Maksimal atau enggaknya kalian menjalani sebuah hari itu akan bergantung pada dua hal, Waktu dan Tenaga. Seperti gue ceritain di atas tadi kalo gue orang lemah. Karena gue sadar hal itu, gue mempertimbangkan ngekos sebagai alternatif. Tenaga yang nantinya lo hemat karena ngekos, timbal baliknya bakal tercermin di hasil belajar, ujian, hasil tugas, dll. Buat gue seenggaknya gue lebih jarang sakit karena kecapean. 

3.   Bergahul
Dari sekian banyak hal berkesan yang gue inget di kosan, yang paling utama itu soal ketemu temen-temen baru disana. Mereka bukan mayoritas orang yang gue kenal sebelumnya (walaupun beberapa udah gue kenal), tapi setelah survive bareng, sekarang kita udah berasa keluarga.  Namanya hidup senasib, sama-sama melalui tangal tua, jadi apa-apa di perjuangin bareng. Ngalamin kondisi uang udah tipis, lalu tukeran lauk makan, dll. Inti dari intinya, dikosan kita akan ketemu dengan orang baru, banyak kenalan. Notenya adalah siapapun yang kita temui, latar belakangnya apa, dsb, ambil hal positfnya, jangan tiru negatifnya.

4.   Belajar ngatur uang
Lambat laun gue akhirnya bisa ngatur keuangan untuk gue bisa hidup. Ini semua gue pelajari karena terpaksa untuk survive dikosan. Wahai para pengekos pemula, akan tiba masa dimana ketika lo ngekos dan lo harus hidup dengan ‘safe mode’. Ya. Demi kelangsungan hidup maka lo harus memaksimalkan uang makan, Dulu Gue teledor banget soal pengeluaran (kalo sekarang teledor aja), alhasil yang jadi pertaruhannnya adalah uang makan gue. Kaya yang gue bilang, duit mingguan gue pernah sisa 30rb dihari kedua setelah gue dapet duitnya. Sementara gue harus tetep makan supaya hidup, Ya terpaksa nasi + Garem. Kalo bosen sering juga garemnya ganti sama royco. Btw gue ada tips buat siapapun yang nantinya safe mode:
       ---- Note, bahkan ini semua dulu ga lebih dari 5rb.
             
·         Nasi Setengah Porsi + Garam
·         Nasi Setengah Porsi + Saus + Garam
·         Nasi Setengah Porsi + Sambel nasi Bebek (sambel bumbunya aja) atau sambel Pecel Ayam
·         Nasi Setengah Porsi + Tahu Pedas Jeletot
·         Nasi Setengah Porsi + Mie Gelas
·         Nasi Setengah Porsi + Tempe Oreg di warteg
·         Nasi Setengah Porsi + Mayonaise Pedas
·         Nasi Setengah Porsi + Bon Cabe (dulu jaman gue kos belum ada nih)

Temen Kosan gue si Abid, dia punya Life’s Goal nya sendiri selama dikosan: Gak boleh ada pengeluaran lebih dari 21rb per hari. Bagi gue itu keren karena gak mudah bisa hidup begitu. 

 

5.       Terbiasa Susah
Semua cerita diatas itu bikin gue belajar banyak sih. Belajar gimana berubah: Yang tadinya boros jadi hemat, yang tadinya cuek jadi lebih peduli. Yang tadinya kuper jadi banyak bergaul. Yang tadinya serba dilayani jadi lebih mandiri. Yang biasanya ada kecoa diusiri jadi lo yang ngusir sendiri. Gue pernah denger dari entah siapapun itu, katanya, dengan susah kita lebih bisa menghargai hidup. kalimat itu sekarang gue bookmark banget.

 

Kalo Boleh saran, dari Kelima poin yang gue ketik diatas, Jalanin dulu aja poin yang ke-3 konon bakal mempermudah poin-poin lainnya. Ketika lo berhasil membangun pertemanan yang baik, keempat poin sisanya akan lebih mudah dilewati. So, what the maksud dari kesimpulan you wal? intinya kalo lo kurang duit lo bisa minjem dulu ke temen kosan ngahaha.

Oke segitu dulu deh. Btw buat semua yang ngekos jangan lupa dijaga ibadahnya. Ngekos boleh, bolos ibadah jangan. 

Overall, gue bahagia bener di kosan. So, siapa masih ngira-ngira kalo ngekos itu gak bikin bahagia?
Semangat ya Maba Maba.

0 komentar:

Posting Komentar

Sebagai manusia normal, gue masih banyak kekurangan. apabila ada kritik ataupun saran silahkan disampaikan disini. dengan catatan: harus sopan :)